Minggu, 23 Juli 2017

BAB I PENDAHULUAN

BAB 1

PENDAHULUAN


 Nama           :  Chairunnisaa
 NPM            :  52414319


1.1      Latar Belakang

Pengembangan tentang AI (Artificial Intelligence) pada perilaku NPC (Non Player Character) dalam game, sampai saat ini masih terus dikembangkan. Penerapan AI yang baik pada sebuah game adalah ketika sebuah karakter didalam permainan menunjukan perilaku yang konsisten dan realistis, bereaksi dengan tepat kepada tindakan pemain dan karakter lain seperti halnya manusia. Terdapat banyak AI (Artificial Intelligence) yang dapat diterapkan dalam game salah satunya N-Gram. N-Gram dalam game adalah kecerdasan buatan untuk NPC (Non Player Character) yang digunakan untuk memprediksi perilaku player pada game sehingga dapat memperoleh keputusan yang akan dilakukan. Permainan tenis meja atau yang lebih dikenal dengan istilah “pingpong” merupakan suatu cabang olahraga yang unik dan kreatif. Pengertian tenis meja adalah suatu permainan yang menggunakan meja sebagai lapangan yang dibatasi oleh jaring (net) yang menggunakan bola kecil yang terbuat dari celluloid dan permainannya menggunakan pemukul atau yang disebut bet. Permainan tenis meja adalah suatu permainan dengan menggunakan fasilitas meja dan perlengkapannya serta raket dan bola sebagai alatnya. Game bertema tenis meja saat ini sudah ada beberapa, salah satunya adalah game ping pong mini akan tetapi pada game tersebut belum adanya penerapan AI (Artificial Intelligence), game ini diterapkan pada NPC (Non Player Character) untuk memprediksi gerakan player dengan 6 gerakan yaitu menendang, memukul, bertahan, berjalan mundur ,berjalan maju dan menunduk. Pada penelitian ini game tenis meja menerapkan metode N-Gram sebagai AI (Artificial Intelligence) yang diharapkan untuk 2 mengoptimalkan pergerakan NPC agar bisa memprediksi arah pukulan bola yang dipukul oleh player sebelum memprediksi NPC (Non Player Character) hanya akan menebak arah pukulan secara acak akan tetapi game tenis meja ini mempunyai gameplay yang hampir sama dengan game tenis yang lainnya. Berdasarkan latar belakang tersebut diatas, maka diusulkan dalam sebuah penelitian untuk membuat sebuah game yang memiliki genre olahraga dan menerapkan metode N-Gram sebagai AI untuk memprediksi arah pukulan bola pada NPC. Adapun penelitian tersebut dituangkan dalam penyusunan tugas buku dengan judul “Implementasi Pembuatan Game Pong Berbasis Arduino”.

1.2    Tujuan Penulisan
Berdasarkan uraian dari latar belakang masalah, maka perumusan masalah dari penelitian ini yaitu:
-          Memahami bagaimana konsep dasar game pong berbasis arduino
-          Mengetahui game design pong menggunakan arduino
-          Memahami bagaimana mengimplementasikan game pong arduino
-          Sebagai tugas kelompok mata kuliah softskill

1.3    Perumusan Masalah
-          Bagaimana konsep dasar game pong berbasis arduino?
-          Bagaimana game design pong  menggunakan arduino?
-          Bagaimana mengimplementasikan game pong arduino?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar