A.Ringkasan Eksekutif
PT
PETSHOP’KU merupakan sebuah perusahaan yang bergerak sebagai penyedia
produk dan jasa dalam beragam kebutuhan hewan peliharaan kesayangan. Seiring
dengan banyaknya masyarakat yang mempunyai hewan peliharaan merupakan
sebuah peluang bagi PETSHOP’KU untuk menjual berbagai aksesoris,
makanan, dan berbagai perlengkapan yang dikhususkan untuk peliharaan,
selain itu juga akan tersedia online booking untuk salon, hotel, klinik,
dan pengasuh hewan, dan jasa adopsi hewan.
Dalam
rencana pengembangan usaha, kami bergerak dalam dunia maya. Bersamaan
dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, kami melihat peluang
yang cukup besar dalam penjualan online. Saat ini kebanyakan orang lebih
memlih hal yang lebih praktis dan cepat tanpa perlu repot.
Sering
kali pemilik hewan kesulitan untuk menemukan berbagai peralatan yang
sesuai keinginan pemilik dan yang tepat untuk hewan peliharaan
kesayangan, pemilik peliharaan mencari informasi barang yang
diinginkannnya di dalam dunia maya contohnya : olx, kaskus, bukalapak,
ataupun tokopedia. Akan tetapi di berbagai macam marketplace tersebut
tidak dikhususkan untuk peliharaan. Pemilik peliharaan masih merasa
kesulitan untuk mencari barang yang dia mau. Oleh karena itu PT.
PETSHOP’KU hadir sebagai marketplace terlengkap serta berkualitas untuk
para pecinta hewan.
1. Visi dan Tujuan
a. Visi
Membuat peliharaan anda lebih bahagia, wangi, sehat, dan tentunya bersih dengan cara melengkapi kebutuhannya.
menghubungkan para pecinta hewan & penyedia jasa (kebutuhan hewan) .
b. Misi
Kami
ada untuk melengkapi kebahagiaan dan kesehatan dari hewan peliharaan
kesayangan anda sehingga membuat anda sama bahagianya dengan hewan
kesayangan anda . Kami selalu menjaga kualitas dan ketersedian produk
serta jasa yang kami jual. Kami akan menjadi wadah nomor satu untuk pet shoppers di seluruh indonesia.
c. Tujuan
- membuat wadah yang tepat untuk pemilik hewan peliharaan khususnya di indonesia
- Memberi lapak jual untuk penjual hewan dan petshop di dunia maya
- membuat wadah untuk pet shoppers di seluruh indonesia
2. Struktur Organisasi dan Keanggotaan
· Produksi : Andrew Franchly
· Pemasaran : M. Iqbal Gozali
· Sistem Pembayaran : Raden Adhyaksa
· Customer Service : Chairunnisaa
· Kurir : 1. Muhammad Trisna
2. Rahmat Syalim
3. Ringkasan Stategi Pemasaran
Kami berencana
memasarkan Produk dan Jasa yang kami sediakan secara Hybrid melalui toko
fisik dan juga online lewat media sosial dan juga website sehingga
konsumen dapat memilih produk dan juga jasa yang kami sediakan dan lewat
toko fisik konsumen menjadi percaya bahwa kami memiliki tempat usaha
yang tetap. Sehingga konsumen dapat juga langsung datang ke toko fisik
kami dan memilih sendiri keperluan untuk binatang peliharaanya.
B. Situasi perusahaan
Perusahaan kami
terletak di jalan Akses UI no 32 ,depok, jawa barat dimana mudah dicari
karena berada dipingir jalan dan dilewati oleh mahasiswa dari 3
universitas yaitu Universitas Gunadarma, Universitas Indonesia,
Universitas Pancasila dimana masyarakat dapat membeli produk atau
menggunakan jasa yang kami sediakan dan kami melihat belum ada Petshop
besar yang berdiri di jalan akses UI depok, jawa barat.
C. ANALISA PESAING DAN ISU-ISU YANG DIHADAPI PERUSAHAAN
1. Analisa pesaing
Bisnis petshop mulai
menjamur seiring banyaknya pecinta hewan peliharaan yang membutuhkan
produk dan jasa untuk hewan peliharaannya. Terutama pada saat liburan
dimana mereka pergi untuk liburan dan menitipkan hewan peliharaan mereka
di petshop, juga karena kesibukan mereka tidak dapat pergi ke toko
untuk membeli keperluan peliharaan mereka sehingga mereka bisa membeli
secara online produk dan diantarkan ke tempat mereka. Saingan kami
adalah toko fisik maupun online yang menyediakan produk serupa dan juga
toko petshop di mall yang juga menyediakan jasa seperti kami. Saat ini
belum ada toko petshop dijalan akses UI sehingga Perusahaan kami masih
menjadi pilihan utama dan juga kami menyediakan Promosi menarik.
2. Isu-isu yang dihadapi perusahaan
Di era global semua
serba cepat dan praktis seiring perkembangan teknologi hal itu
yang memudahkan kami untuk membuat perkembangan perusahan semakin cepat
dengan adanya internet kami bisa memanfaatkan untuk memperluas bisnis
kami selain memiliki toko fisik kami juga dapat menggunakan social media
atau mitra online lain untuk sarana jual beli atau promosi. Hal ini di
dasari karena pembuatan akun social media atau toko di ecommerce dapat
dilakukan dengan mudah maka para pebisnis awam cenderung menggunakan
media ini.dengan demikian maka membuat para pebisnis saling beradu harga
dan beradu kreatifitas dalam hal promosi. Karena dapat diakses siapa
saja dan dimana saja.
E. STRATEGI PEMASARAN
1. Product
Beberapa produk yang
ditawarkan oleh perusahan seperti makanan untuk hewan dengan berbagai
rasa untuk meningkatkan nafsu makan pada hewan, berbagai aksesoris untuk
peliharaan, dan jasa untuk perawatan hewan peliharaan, serta menyediakan jasa adopsi peliharaan.
2. Price
Beberapa data dari
harga produk yang di sediakan oleh perusahaan dan jasa untuk membantu
perawatan hewan peliharaan customer. Berikut adalah harga produk yang di
jual dan harga untuk jasa.
Ø Produk Food
NO
|
Produk
|
satuan
|
Harga
|
1.
|
Dog Food-Happy Dog fit
|
12,5 kg
|
Rp.750.000
|
2.
|
Dog Food – Royal Canin X-small
|
500 gr
|
Rp.70.000
|
3.
|
Cat Food – Royal canin Indoor
|
400 gr
|
Rp.65.000
|
4.
|
Cat Food – Meow-Meow Cats Snack
|
125 gr
|
Rp.22.500
|
5.
|
Rabbit Food- Britter Bunny
|
1 kg
|
Rp.40.000
|
6.
|
Rabbit Food – Hamsf Bunny
|
500 gr
|
Rp.19.000
|
7.
|
Hamster Food – Hamsfood
|
300 gr
|
Rp.18.000
|
8.
|
Hamster Food – Hamsfood
|
500 gr
|
Rp.40.000
|
Ø Produk Aksesoris
No
|
Produk
|
Harga
|
1.
|
Tempat Makan Auto
|
Rp.195.000
|
2.
|
Kandang Kucing,Anjing,dll size L
|
Rp.219.000
|
3.
|
Tali pengikat 8 meter
|
Rp.55.000
|
4.
|
Mainan Bola
|
Rp.62.000
|
5.
|
Minyak Bulu Kucing,Anjing,dll 100 ml
|
Rp.60.000
|
6.
|
Sisir Bulu
|
Rp.28.000
|
Ø Jasa Perawatan dan sebagainya
Untuk jasa perawatan yang di sediakan perusahaan yaitu:
ü Penitipan hewan
Untuk penitipan
hewan diadakan suatu ukuran pada hewan dengan menggunakan ras kecil atau
besar. Untuk ras kecili di kenakan harga Rp 20.00/hari, ras sedang di
kenakan biaya Rp 22.500/hari, dan ras besar di kenakan biaya Rp
25.000/hari.
ü Perawatan
Perusahaan menawarkan perawatan dengan sistem paket, beberapa paket yang di sediakan oleh perusahan yaitu:
· Paket A : Standar (harga Rp30.000)
Service yang di berikan yaitu
v Pembersihan telinga
v Potong kuku
v Cukur bulu bagian telapak kaki, bulu perut, dan bulu daerah anus
v Mandi dengat air hangat
v Pengeringan bulu
v Menyisir dan memberikan wangi pada hewan
· Paket B : semua perawatan (Harga Rp80.000)
Service di berikan seperti paket A hanya di tambahkan yaitu :
v Basic grooming
v Model potongan yang di sediakan
· Paket C : Mandi Obat untuk kutu (harga Rp100.000)
Service yang di
berikan seperti paket B tetapi di tambahkan obat untuk membersihkan kutu
yang berada di bulu hewan, untuk paket A bisa di tambahkan untuk
pemandian obat kutu dengan total perawatan tersebut di tambhakan
Rp20.000 menjadi total perawatannya Rp50.000
3. Promotion
Saat ini promosi
yang dilakukan menggunakan teknologi berbasis android dan website.
Dengan hal ini memudahkan customer dimanapun untuk membeli produk dan
memboking jasa perawatan peliharaan . untuk meningkatkan promosi
penjualan dan jasa maka diadakan penyebaran info pada media sosial
seperti Facebook, Twitter hingga Instagram.sehingga produk atau jasa
yang di tawarkan dapat diketahui oleh seluruh customer didalm negri
maupun diluar negri.
Untuk menambahkan promosi terutama pada produk barang . maka promosi dilakukan melalui situs E-Commerce seperti Lazada,BukaLapak,Tokopedia, dan sebagainya.
Dengan melakukan promis tersebut produk barang bisa di jual dengan
bebas tanpa melalui webseite atau aplikasi yang disediakan maka promosi
yang dilakukan semakin efisien dalam penjualan .
4. Place
Kami mendirikan
toko fisik di jalan Akses UI no.32 Depok Jawa Barat dimana disana dekat
dengan 3 kampus besar yaitu Universitas Gunadarma,Universitas
Indonesia,dan Universitas Pancasila maka mahasiswa atau masyarakat dapat
membeli produk kami atau menggunakan jasa yang kami sediakan.selain itu
untuk ketersedian produk dan harga dapat dilihat di akun social media
untuk pelanggan yang jaraknya jauh dapat melihat atau membeli produk
kami melalui toko belanja online,website atau melalui costumer service
kami.
ESTIMASI ANGGARAN BIAYA
1. Anggaran Biaya Produksi
No
|
Jenis Produk
|
Volume
|
Harga Satuan (Rp)
|
Jumlah (Rp)
|
1
|
Pembelian Produk Makanan
| |||
a. Dog Food-Happy Dog fit
|
16 kg
|
RP 215.000,-
|
Rp 860.000,-
| |
b. Dog Food – Royal Canin X-small
|
5 kg
|
Rp 50.000,-
|
Rp 250.000,-
| |
c. Cat Food – Royal canin Indoor
|
7,5 kg
|
Rp 120.000,-
|
Rp 600.000,-
| |
d. Cat Food – Meow-Meow Cats Snack
|
3 kg
|
Rp 40.000,-
|
Rp 240.000,-
| |
e. Rabbit Food- Britter Bunny
|
3 kg
|
Rp 55.000,-
|
Rp 165.000,-
| |
f. Rabbit Food – Hamsf Bunny
|
2,5 kg
|
Rp 25.000,-
|
Rp 125.000,-
| |
g. Hamster Food – Hamsfood
|
3 kg
|
Rp 17.000,-
|
Rp 102.000,-
| |
h. Hamster Food – Hamsfood
|
2 kg
|
Rp 12.000,-
|
Rp 144.000,-
| |
2.
|
Pembelian Produk Aksesoris
| |||
a. Tempat Makan Auto
|
5 buah
|
Rp 150.000,-
|
Rp 750.000,-
| |
b. Kandang Kucing, Anjing, dll size L
|
4 buah
|
Rp 170.000,-
|
Rp 680.000,-
| |
c. Tali pengikat 8 meter
|
10 buah
|
Rp 35.000,-
|
Rp 350.000,-
| |
d. Mainan Bola
|
12 buah
|
Rp 32.000,-
|
Rp 384.000,-
| |
e. Minyak Bulu Kucing, Anjing,dll 100 ml
|
6 buah
|
Rp 40.000,-
|
Rp 240.000,-
| |
f. Sisir Bulu
|
7 buah
|
Rp 17.000,-
|
Rp 119.000,-
| |
3.
|
Jasa Perawatan dan Sebagainya
| |||
Penitipan Hewan (Kecil, Sedang, Besar)
|
1 hari
|
Rp 15.000,-
Rp 17.500,-
Rp 20.000,-
|
Rp 15.000,-
Rp 17.500,-
Rp 20.000,-
| |
Perawatan
|
Paket A, B, C
|
Rp 20.000,-
Rp 50.000,-
Rp 70.000,-
|
Rp 20.000,-
Rp 50.000,-
Rp 70.000,-
| |
TOTAL
|
Rp 5.201.500,-
|
2. Anggaran Biaya Pemasaran
No
|
Jenis Kegiatan
|
Biaya
|
1.
|
Pendirian Toko
|
Rp 10.000.000,-
|
2.
|
Iklan Media Cetak
|
Rp 250.000,-
|
3.
|
Iklan Media Online
|
Rp 50.000,-
|
Total
|
Rp10.300.000,-
|
3. Anggaran Biaya Gaji Tenaga Kerja
No.
|
Tenaga Kerja
|
Volume
|
Biaya Gaji
|
Total Gaji
|
1
|
Tenaga Produksi
|
2
|
Rp 900.000,-
|
Rp 1.800.000,-
|
2
|
Kurir
|
2
|
Rp 700.000,-
|
Rp 1.400.000,-
|
3
|
Tenaga Pemasaran
|
1
|
Rp 550.000,-
|
Rp 550.000,-
|
4
|
Kasir
|
1
|
Rp 700.000,-
|
Rp700.000,-
|
Total
|
Rp4.450.000,-
|
Total Anggran = Anggaran Produksi + Anggran Pemasaran + Anggaran Tenaga Kerja
Rp 5.201.500 + Rp10.300.000 + Rp 4.450.000 = Rp 19.951.500,-
H. Target numerik perusahaan
Perusahaan
kami merencanakan untuk mendapat target keuntungan sebesar 55% dengan
target penjualan 250 produk dan 100 yang menggunakan jasa per bulan.
Perusahaan mengeluarkan 30% untuk upah tenaga kerja,5% untuk kegiatan
pemasaran,dan20% untuk anggaran produksi.
Andrew franchly 51414141 : And003.blogspot.co.id
Muhammad Iqbal Gozali 57414347 : https://muhammadiqbalgozali.blogspot.co.id
Muhammad Trisna 57414572 : muhammadtrisna.blogspot.co.id
Raden Adhyaksa R
Rahmat Syalim
Tidak ada komentar:
Posting Komentar